Install Windows dari Flashdisk

Pernahkah kita ingin menginstall atau repair OS yang ada di PC kita tapi drive CD/DVD kita ngadat???

Tentunya rada ga enak juga kalo ngalamin hal yang kaya gitu. Nah disini aku mo sedikit share gimana cara install Windows di sebuah PC or Laptop dengan menggunakan flashdisk. Syarat utamanya tentu PC tersebut udah support booting dari flashdisk, kalo belum ya…. maap aja cara ini belum bisa digunain…😀

PERSIAPAN :

  1. Sebuah PC atau Laptop
  2. CD Instalasi Windows XP atau Vista
  3. Flash disk kapasitas 1 atau 2 GB
  4. USB_Prep8 bisa dunlut di sini
  5. PeToUSB bisa dunlut juga di sini


LANGKAH – LANGKAH INSTALASI KE FLASHDISK :

1. Pasang USB Flash Disk di PC dan ketahui posisinya di Drive (F, G, H, …)
2. Masukkan CD instalasi Windows ke CD / DVD ROM (Posisi Desktop)
3. Buat folder khusus untuk meng-Ekstract file yang Anda download sebelumnya (Misalnya C: \ USB)
4. Ekstract usb_Prep8 & PeToUSB ke folder yang Anda buat sebelumnya
5. Jalankan file usb_prep8.cmd, di monitor akan menampilkan  “command prompt”, tunggu sampai muncul tulisan “Press Any Key to Continue” dan tekan sembarang tombol
6. PeToUSB akan meminta Anda untuk memformat USB Flashdisk, jangan mengambil pengaturan lalu klik format
7. Jika Anda telah selesai PeToUSB menutup jendela, tetapi jangan menutup jendela Command Prompt yang Anda buka usb_prep8.cmd, di monitor akan muncul beberapa pilihan 0-5
8. Gunakan Opsi 1 untuk memilih sumber instalasi file yang akan disalin ke flashdisk,  sorot pada drive CD instalasi anda (biasanya drive E), pilih drive
9. Pilih Opsi 3 di mana anda menancapkan flash drive, misalnya Drive F dan kemudian ketik F dan tekan Enter, misalnya di drive G dan kemudian ketik G dan tekan Enter
10. Pilih opsi 4 untuk memilih Install modul akan disalin ke flash, klik YA atau OK
11. Selesai

LANGKAH-LANGKAH INSTALASI WINDOWS dari FLASHDISK

1. Pasang Flashdisk yang telah diisi Windows
2. Masuk ke pengaturan BIOS dan pilih “removable disk” sebagai boot utama
3. Kemudian simpan dan keluar
4. Setelah restart, Install Windows seperti biasanya menginstal windows dari CD instalasi


2 Tanggapan

  1. Nambahin aja klo yg ga mau ribet, bisa juga pake soft kecil, namanya WinToFlash… lebih simple tinggal masukin aja source Windowsnya ma direktory dari Flashdisk ente…

    source : http://wintoflash.com/download/en/

  2. gan saya dah coba tpi knp gan setelah restart ada tulisan klo ada file yang corrupt gan tolong di bls y gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: